Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Asesmen Diagnosis Di Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs

Modul Asesmen Diagnosis Di Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs - Bertepatan tanggal 10 Juli Tahun 2020 Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran telah menerbitkan sebuah Modul Asesmen Diagnisis Di Awal Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang SMP/MTs.
Modul Asesmen Diagnosis Di Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs
Modul Asesmen Diagnosis Di Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs
Pandemi Covid-19 pada beberapa bulan terakhir berdampak pada beberapa sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pendidikan. Untuk membatasi penyebaran dan penularan virus Covid-19 secara luas di satuan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengambil kebijakan penyelenggaran Belajar dari Rumah (BDR). 

Kebijakan serupa juga diterapkan di lebih dari 180 negara dunia. Kebijakan BDR diyakini dapat berdampak pada perkembangan kognitif dan non-kognitif siswa yang selanjutnya dapat mempengaruhi wajah pendidikan di masa depan.

Di Indonesia, beragamnya kondisi sosial ekonomi, akses teknologi, serta kondisi wilayah sebaran Covid-19 menyebabkan pelaksanaan BDR serta capaian belajar siswa bervariasi. Oleh karena itu, asesmen untuk mengetahui hambatan dan kelemahan siswa pada saat BDR perlu dilakukan. 

Asesmen yang meliputi aspek kognitif dan non-kognitif perlu dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kondisi siswa. Hasil asesmen memberikan dasar kepada guru untuk menetapkan perlakukan atau strategi yang tepat kepada masingmasing siswa. Remedial atau pengayaan yang dilakukan sebagai tindak lanjut hasil asesmen merupakan upaya untuk memastikan tidak ada siswa yang tertinggal atau dirugikan.

Modul ini disusun untuk memberikan inspirasi, wawasan, dan pedoman bagi bapak dan ibu guru dalam melakukan persiapan, pelaksanaan, diagnosis dan tindaklanjut yang tepat pada proses asesmen diagnosis. Kami berharap modul ini menjadi salah satu penguatan terhadap prinsip “teaching at the right level”, khususnya pada masa pandemik.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyiapan dan penyusunan modul ini. 

Semoga modul ini dapat bermanfaat terutama bagi kelanjutan dunia pendidikan di Indonesia pada masa pandemi Covid-19 ini dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Materi-materi yang terdapat pada Modul Asesmen Diagnosis Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs adalah:
A. Kisi-kisi Soal Bahasa Indonesia
B. Soal Asesmen Awal Pembelajaran
C. Kemungkinan Jawaban Siswa Pada Asesmen Awal
D. Kunci Jawaban Asesmen Awal
E. Pedoman Pengodean Soal Asesmen Awal
F. Interpretasi dan Tindak Lanjut Asesmen Awal

Sebagai langkah awal sebelum bapak/ibu serta rekan-rekan mendownload filenya dapat pula dibaca pada review berikut, yang kemudian file unduhannya telah kami taruh pada akhir diskripsi artikel ini.




Materi lengkap dari penjelasan di atas tentang Modul Asesmen Diagnosis Di Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Download Disini

Demikian ulasan singkat materi Modul Asesmen Diagnosis Di Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs semoga bermanfaat.

Mohon maaf atas keterbatasan kami dalam menjelaskan materi di sini, komentar, kritik, saran, serta berbagai masukan senantiasa selalu kami nantikan.





Posting Komentar untuk "Modul Asesmen Diagnosis Di Awal Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs"